Rangkuman Hoax Tentang Smartphone

Smartphone adalah salah satu bentuk transmutasi perkembangan teknologi dari pemikiran manusia yang cerdas. Sebagai insan yang berfikir dan kreatif, perkembangan teknologi ini dimaksudkan untuk mempermudah kegiatan manusia. Namanya juga teknologi, pasti ada aja rumor atau mitos yang dibuat oleh orang-orang dengan tujuan hoax demi mendapatkan keuntungan dari mereka yang masih belum melek teknologi.

Keuntungan tersebut seperti menawarkan perbaikan sistem, atau pembelian add-on agar performa smartphonenya lebih baik dan semacamnya. Dan bagi mereka yang belum tau tentang hal ini, tentu merupakan makanan empuk. 

Pengguna yang belum melek ini awalnya hanya mengira-ngira, ditambahkan issue dan akhirnya menyebarkan informasi yang tidak benar. Dan kebanyakan langsung percaya, tanpa tahu dulu maksud dan tujuan dibalik info yang disebarkan.

Kira-kira apa saja mitos yang hoax tentang smartphone selama ini beredar, jangan-jangan kamu salah satu yang termakan didalamnya. Coba cek deh rangkuman hoax tentang smartphone berikut ini.

Jangan Biarkan Aplikasi Berjalan Di Background, nanti Bikin Lemot HP

Bukan rahasia umum kalau beberapa smartphone pasti punya aplikasi yang running di background. Banyak rumor yang menyebutkan jika kita menghapus atau menghentikan aplikasi tersebut dapat menghemat baterai, well kenyataannya itu hoax. 

Yang terjadi justru kita tidak akan bisa menerima notifikasi jika terdapat perubahan, misalnya aplikasi chatt seperti WhatsApp.

Smartphone sesungguhnya punya sistem sendiri untuk otomatis menghentikan program yang sedang berjalan jika memang diperlukan. Asal kamu tahu juga, aplikasi yang berjalan di background ini bertujuan untuk memudahkanmu multi-tasking atau kemampuan cepat menjalankan satu program ke program lainnya.

Charge HP saat sudah kosong aja, Big NO!!

Baterai smartphone saat ini terbuat dari lithium-ion yang akan menunjukkan performa lebih bagus manakala masih ada energi yang tersisa didalamnya. Jadi, kalau ada yang bilang lebih baik di-charge setelah energinya habis total, itu untuk tipe baterai lama seperti NiCAD dan NiMH.

Baterai modern tidak lagi menghadapi masalah itu karena tidak memiliki sel memori. Beberapa ahli hanya menyarankan kamu mengosongkan bateraimu setiap 3 bulan sekali saja untuk kalibrasi.

Bluetooth dan WiFi bikin boros daya baterai jika menyala. Masih percaya?

Jelas ini mitos alias hoax! Menyalakan Wifi dan Bluetooth nyatanya tidak membuat bateraimu boros, yang bikin boros itu kalau kamu melakukan transver data. Pengiriman data ini membutuhkan pengaktifkan signal yang naik turun, seperti Upload dan Download.

Pertukaran signal ini yang bikin daya bateraimu cepat habis. Ga percaya, cek toko sebelah.

Charger yang harus kamu gunakan hanya charger yang sama mereknya dengan smartphone-mu saja.

Aduh, ini pasti akal-akalan dari penjual kecap nih. Yang benar itu bukan sama merek, tapi sama daya. Nyatanya kini ada banyak charger yang memiliki daya keluaran atau output yang berbeda-beda.

Jika kamu melihat kebagian kepala charger, biasanya tertera informasi charger mengeluarkan daya rata-rata 1 A (Amphere) , 2 A, 2.1 A atau semacamnya. Nah kalau daya yang dikeluarkan tidak cocok dengan spesifikasi handphone mu, yang ada resiko Ghosting mengintai smartphonemu.

Jadi jangan takut untuk pakai charger dari merek lain selama dayanya sesuai dengan spesifikasi pabrikan smartphone mu ya.

Jangan ngecarge semalaman, nanti baterai mu bocor.

Pembalut aja ada yang anti bocor dipakai semalaman, masa baterai yang canggih itu bisa bocor? Bisa sih, tapi bukan karena di charge semalaman juga keleus. Teknologi baterai berikut pengisiannya sekarang sudah makin meningkat, tidak lagi seperti dulu. Baterai-baterai jadul belum cukup pintar untuk mengetahui bahwa mereka sudah full sehingga bisa menurunkan daya tahannya. Kalau baterai-baterai berbasih Lithium-Ion udah nggak gitu lagi, ketika sudah full maka aliran listrik pun otomatis akan berhenti. Jadi ditinggal tidur aja, aman kok!

Hayo, diantara berita hoax diatas mana yang pernah kamu alami dan kamu lakukan? Kini tidak perlu ragu lagi ya untuk menjaga smartphone mu tetap awet. Biar kamu tidak terjebak lagi dengan berita hoax terkait smartphone dan gadget, pastikan kamu membaca informasi terbaru tentang perkembangan teknologi di situs terpercaya seperti situs ini.

Leave a comment