Cara Mudah Mengatasi Handphone Kemasukan Air

Siapa yang bisa hidup tanpa alat komunikasi di era modern sekarang ini? Jawabannya tentu saja tidak ada. 

Setiap hari kita tidak bisa melepaskan perangkat ini dari tangan kita, entah untuk sekedar membalas pesan singkat atau memang ada hal penting seperti pekerjaan yang membuat aktivitas kita sebagian besar habis di depan layar telepon selular ini. 

Karena kebiasaan untuk membawa perangkat digital ini kemana-mana, membuat ponsel atau smartphone berpotensi mengalami berbagai macam kejadian tidak terduga, seperti kemasukan air. Entah karena kehujanan, masuk westafel, masuk bak mandi, atau apa pun kejadiannya, membuat kita panik bukan kepalang.

Baca Juga :

Rangkuman Hoax Tentang Smartphone Yang Kamu Tidak Tau
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Jika ponsel anda mati karena secara tidak sengaja kemasukan air, dengan cara dibawah ini, ponsel anda bisa selamat dari resiko mati total atau harus ganti hape dengan harga yang tidak murah. Berikut langkah-langkah yang harus anda perhatikan.

Dalam memperbaikinya pun, sebenarnya butuh keterampilan dan peralatan khusus agar hp bisa di perbaiki tapi ada juga dengan cara yang sederhana untuk mencoba memperaiki hp kita yang mati total, misal hp yang mati karena terendam air, kalau kasus ini masih banyak kemungkinan di perbaiki akan tetapi tidak menjamin juga, tergantung dengan kondisi hpnya, Untuk beberapa cara mengatasi hp yang mati total berikut tips dan triknya

Cara 1 – Copot Semua Perangkat Yang Menyimpan Listrik

Langkah pertama untuk memperbaiki smartphone yang kemasukan air adalah usahakan untuk tidak menyalakan hp pada saat basah dan lepaskan seluruh komponen termasuk batre, sim card dan lain sebagainya, kalau bisa layar lcd juga di copot (khusus yang mengerti tentang komponen Hp) letakkan di beras atau media yang mampu mengeringkan dengan cepat seperti silicon gel, usahakan kalau tidak mengerti tentang hp jangan menggunakan alat pengering seperti setrika, hairdrayer dan sebagainya karena dapat merusak komponen yang ada, diamkan kedalam media tadi selama 3 atau 4 hari pastikan benar benar kering dari luar dan dalam, kemudian pasang kembali perangkat hp batre dan lainnya cobalah hidupkan handphone.

Cara 2 – Gunakan Perlengkapan Tambahan

Jika cara 1 tidak bisa menyelesaikan masalahnya. maka cara ke 2 ini bisa dipraktekan, namun terlebih dahulu sediakan blower khusus servis dan cairan fluk untuk media pemanasan komponen, untuk langkah langkahnya

  1. buka terlebih dahulu body dan semua perangkat hp termasuk batre, layar lcd, cashing dan lainnya hingga hanya tersisah papan pcb hp
  2. letakan papan fisibi di wadah khusus atau penjepit pcb khusus
  3. tuangkan cairan fluk pada papan pcb secara menyeluruh
  4. blowerlah bagian pcb yang di beri cairan (untuk jarak blower dan pcb di sesuaikan, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh, yang penting bisa membuat timah sedikit meleleh sehingga IC bisa sedkit goyang
  5. Setelah dibelower merata keringkan dan coba pasang kembali semua perangkatnya dan nyalakan hp. Tujuan diblower dengan cairan fluk di atas untuk mengencangkan dan memastikan tidak ada componen pcb yang longgar karena dapat mempengaruhi kerusakan hp.

Oleh sebab itu, selalu jaga handphone anda saat digunakan atau disimpan agar tidak terjadi kerusakan yang justru akan merugikan anda sendiri.

Leave a comment